Saturday, March 5, 2016

cara kerja sistem komputer terdiri dari unit input, unit proses dan unit output. Yuk Kita pelajari bagaimana cara kerjanya mulai dari inputan yang Anda masukkan kemudian diproses dengan sedemikian rupa dan akhirnya menghasilkan laporan yang Anda butuhkan, langsung saja Kita mulai pembahasannya.
alur sistem komputer
Alur Sistem Komputer

1. Unit Input

Unit Input dalam sebuah komputer merupakan suatu bagian yang berperan sebagai media penerima masukan dari user. Unit ini merupakan Gate (gerbang) dimana melalui unit ini user akan memasukkan/memberikan perintah-perintah yang nantinya akan diolah oleh unit lain sehingga pada bagian akhir akan didapatkan suatu hasil yang sesuai keinginan user.
Macam-macam unit input antara lain : 
  • Keyboard (papan ketik)
  • Prinsip kerja dari alat ini adalah dengan memanfaatkan kinerja saklar ON-OFF yang diterapkan dalam sekumpulan tombol. Bila salah satu tombol ditekan maka tombol tersebut akan memberikan arus listrik ke papan ketik sehingga dalam proses berikutnya arus ini akan diolah menghasilkan suatu tulisan/karakter di layar.
  • Mouse
  • Merupakan suatu alat yang digunakan untuk menerima masukan selain karakter. Biasanya alat ini digunakan untuk menggambar. Prinsip kerja alat ini adalah gerakan yang dibuat oleh user akan direkam oleh bola untuk kemudian dibagi menjadi gerakan vertikal dan horisontal oleh gear vertikal/horisontal sehingga akan dapat diukur oleh sensor seberapa jauh perpindahan yang harus ditampilkan di layar.

2. Unit Proses

Unit proses merupakan bagian utama dari komputer. Pada unit ini terjadi kegiatan pengolahan data yang diterima dari unit sebelumnya. Data-data yang dimasukkan user melalui keyboard akan diolah dengan menggunakan logika (arithmetic logic unit - ALU). Processor merupakan perangkat utama pada unit process yang berupa chip besar terletak tepat di tengah bagian utama (main board) dan merupakan otak komputer. Segala sesuatu yang terjadi dalam komputer dikontrol oleh chip ini.
Jenis dan tipe unit proses dari berbagai generasi.

GENERASI
CHIP UTAMA
Generasi Pertama (1978’an)
Intel 8086
Generasi Kedua (1982’an)
Intel 80286
Generasi Ketiga (1985’an)
Intel 80386 DX
Generasi Keempat (1989’an)
Intel 80486 DX
Generasi Kelima (1993’an)
Intel Pentium, AMD K5
Generasi Keenam (1997’an)
Intel Pentium II, AMD K6
Generasi Ketujuh (1999’an)
Intel Pentium III, AMD K6-3
Generasi Kedelapan (2001’an)
Intel Pentium IV, AMD K7

3. Unit Output

Unit output adalah unit keluaran, jika data sudah Anda inputkan, maka data akan diproses kemudian akan ditampilkan baik ke monitor atau layar komputer maupun kertas.
  1. Monitor
  2. Bagian akhir dari sebuah komputer adalah unit display yang berfungsi sebagai alat komunikasi antara user dengan komputer.
  3. Printer
  4. Unit output lain dari komputer adalah printer yang merupakan bagian terpisah dari sebuah PC yang berfungsi sebagai pencetak hasil pengolahan data pada media seperti kertas dengan menghasilkan pola-pola tertentu.

Pageviews

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Quote

Impian dan harapan harus diiringi dengan persiapan yang matang
Seputar Komputer. Powered by Blogger.

Iklan

Fanspage

Popular Posts